Daftar Isi:
  • Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang telah diakui keabsahannya oleh kancah dunia. Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris sangat dibutuhkan banyak orang terutama untuk berkomunikasi dengan dunia global. Berdasarkan fakta yang ada, saat ini untuk mempelajari bahasa Inggris sangat mudah karena banyaknya fasilitas yang menyediakan jasa pengajaran bahasa Inggris. Program D-3 Bahasa Inggris Universitas Kristen Maranatha salah satunya. Seluruh kegiatan dan aktifitas yang dilakukan bertujuan untuk membimbing dan mengajarkan bahasa Inggris dengan menggunakan metode yang efektif agar siswa mampu berbicara aktif dan fasih menggunakan bahasa Inggris. Tentu saja metode yang digunakan sederhana tetapi mendidik. Contohnya seperti pengajaran melalui permainan atau pengajaran melalui komunikasi yang bersifat kekeluargaan dengan staf pengajar yang bersangkutan. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan, penulis melakukan beberapa cara yaitu adalah dengan mendistribusikan kuesioner, melakukan wawancara secara langsung dengan staf pengajar dan yang terakhir dengan melakukan observasi untuk mengetahui kegiatan yang terjadi di dalam kelas conversation secara langsung. Selain observasi, penulis juga membandingkan teori yang digunakan di dalam kelas Speaking Skill in Business Negotiation dengan teori yang penulis dapatkan dari perpustakaan juga teori yang didapat dari internet. Penulis memperoleh kesimpulan bahwa teknik pengajaran yang paling efektif sudah dilakukan dalam mengajar kelas Conversation V. Tetapi tidak semua berjalan sesuai dengan rencana. Tidak semua hasil penelitian yang didapat oleh penulis sesuai dengan teori yang diperoleh dari perpustakaan ataupun teori yang didapat dari internet. Oleh karena itu, penulis memberikan beberapa saran berdasarkan teori yang penulis dapatkan.