Sistem Informasi Pengelolaan Stasiun pengisian Bahan Bakar Umum dengan Menerapkan Customer Relationship Management
Daftar Isi:
- PT. Hendarsyah Surya Putra merupakan sebuah perusahaan yang mengelola 6 buah SPBU dengan lokasi yang berjauhan dengan jarak tempuh paling jauh mencapai 8 jam perjalanan darat. Hal ini menjadi penyebab sulitnya pemilik memantau laporan dari tiap – tiap SPBU. Sistem informasi pengelolaan stasiun pengisian bahan bakar umum ini memiliki fitur yang mengelola data stok dan akumulasi penyusutan, data penjualan, data pengeluaran, dan data member. Laporan omset dibuat dalam bentuk grafik sehingga terlihat perbedaan omset perbulan dari setiap SPBU. Penerapan Customer Relationship Management dalam sistem informasi ini juga dapat menjalin hubungan baik antara pelanggan dan pemilik. Pengelolaan kuisioner yang mendukung pengembangan fasilitas SPBU juga dapat meningkatkan kenyamanan pelanggan. Alat pemodelan yang digunakan adalah ERD (Entity Relationship Diagram) dan DFD (Data Flow Diagram). Testing dilakukan dengan menggunakan metode black box. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, secara fungsional sistem ini telah mengeluarkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan.