Daftar Isi:
  • PT. Pos Indonesia adalah salah satu BUMN di Indonesia yang bergerak dibidang perposan. PT. Pos Indonesia tidak hanya menangani bagian perposan tetapi juga menangani jasa keuangan. Salah satu produk jasa keuangan pada PT. Pos Indonesia adalah system online payment point (SOPP). Pada penerapan system online payment point (SOPP) di PT. Pos Indonesia tidak lepas dari risiko-risiko yang akan muncul dalam penerapannya. Untuk mengatasi masalah risiko -risiko yang akan muncul pada implementasi system online payment point (SOPP) pada PT. Pos Indonesia, dibutuhkan penerapan manajemen risiko mutakhir pada perusahaan agar dapat merumuskan risiko-risiko yang akan terjadi pada perusahaan dan mengelola penanganan risiko-risiko yang akan terjadi serta membuat laporan tentang penerapan dari manajemen risiko agar dapat membantu perusahaan dalam mengatasi risiko-risiko yang pernah dialami dalam penerapan system online payment point (SOPP) pada PT. Pos Indonesia. Dalam penerapan risiko dibutuhkan suatu framework COBIT 5 dalam proses penerapannya. Pada COBIT 5 manajemen risiko akan dibahas pada proses APO12 pada domain Align, Plan and Organize.