Pemanfaatan Algoritma Association Rules untuk Promosi pada PT. Berdikari Indo Super Grosir
Daftar Isi:
- PT Berdikari Indo Super Grosir adalah salah satu perusahaan yang menyediakan jasa one stop shopping, khususnya bagi pembelian kebutuhan pembangunan rumah dan perabotan rumah tangga. Salah satu permasalahan yang dialami oleh PT. Berdikari Indo Super Grosir adalah ketidakmampuan memanfaatkan data-data penjualan yang ada untuk melakukan promosi karena masih dikelola secara manual. Dalam penelitian tugas akhir ini dikembangkan sebuah aplikasi web yang diberi nama SCMINING dengan menerapkan algoritma association rules guna mengatasi masalah ini. Keluaran dari algoritma tersebut akan dimanfaatkan untuk meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan melalui penerapan Customer Relationship Management (CRM). Pendekatan CRM memungkinkan adanya pengelolaan hubungan yang baik dengan pelanggan karena data penjualan yang ada digunakan untuk memberikan promosi yang tepat kepada setiap segmen pelanggan. Terdapat empat macam segmen pelanggan yang diteliti dalam proyek tugas akhir ini, yaitu: umur, pekerjaan, jenis kelamin, dan agama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma association rules telah dapat menunjukkan potensinya sebagai alat untuk mempelajari kaitan antara segmen pelanggan dan pola belanja dalam masing-masing tersebut.