Pembuatan Aplikasi Pemesanan Kue dengan Mengimplementasikan CRM pada Olives Bakery
Daftar Isi:
- Perusahaan Olives Bakery berdiri pada tahun 2005 dan bergerak di bidang roti, aneka jajanan/snack, dan kue. Perusahaan ini menerapkan gerai dengan konsep dapur terbuka (open kitchen concept) yang dapat dilihat langsung oleh konsumen. Olives Bakery mengalami kesulitan dalam melakukan pemasaran terhadap produk produknya karena konsumen harus datang langsung ke tempat produksi atau toko untuk melakukan pemesanan serta memperoleh informasi mengenai produk dan harganya. Hal ini akan menyita waktu konsumen dan pemasaran hanya akan menjangkau konsumen yang datang langsung ke tempat produksi atau toko. Dengan aplikasi yang dibuat akan membantu proses pemasaran karena aplikasi berbasis website sehingga dapat diakses oleh konsumen dengan menggunakan internet. Aplikasi juga memungkinkan konsumen untuk melakukan registrasi menjadi member sehingga dapat mempermudah proses pemesanan dan penjualan produk. Dengan adanya email gateway yang diimplementasikan dalam aplikasi, perusahaan juga dapat tetap menjaga hubungan dengan konsumen melalui pengiriman informasi mengenai produk-produk baru yang dibuat oleh perusahaan, mengenai produk-produk yang paling laris terjual, dan mengenai promo-promo yang sedang berlaku di perusahaan. Pembuatan aplikasi pemesanan pada Olives Bakery dengan mengimplementasikan CRM menggunakan bahasa pemrograman C# dan basis data SQL Server. Sumber data didapatkan melalui wawancara dengan pihak perusahaan sehingga dapat diketahui permasalahan yang ada di perusahaan dan melalui media informasi di internet.