Daftar Isi:
  • Rental mobil Jaya adalah usaha rental mobil yang belum lama didirikan. Oleh karena itu pelanggan yang dimiliki belum terlalu banyak. Strategi marketing yang saat ini dilakukan adalah dengan mengedarkan brosur, sehingga Rental mobil Jaya hanya dikenal dan dipakai jasanya oleh warga di sekitar lokasi rental. Rental mobil ini memerlukan bantuan teknologi dengan tujuan mempromosikan usahanya, meningkatkan jumlah pelanggan serta mempertahankan loyalitas pelanggan. Untuk memenuhi kebutuhan promosi, mendapatkan pelanggan baru serta tetap menjaga hubungan dengan pelanggan maka akan dibuat sebuah aplikasi berbasis websitedengan memanfaatkan metode Customer Relationship Management (CRM). Aplikasi akan memungkinkan pelanggan melihat memilih tipe-tipe mobil yang disewakan, melakukan penyewaan online, mengisi testimonial pelanggan, membantu rental mengirimkan email konfirmasi penyewaan mobil, mengirimkan email informasi promo mobil yang sedang diadakan, juga menerima kritik dan saran sebagai feedback dari pelanggan dengan memanfaatkan teknologi email gateway. Data untuk penelitian ini diambil dari hasil wawancara dengan pihak pemilik dan staff. Selain itu juga mendayagunakan berbagai informasi dari internet, buku dan artikel. Hasil pengujian dengan metode blackbox menunjukan bahwa aplikasi telah memiliki fitur-fitur yang direncanakan. Diharapkan aplikasi ini dapat membantu Rental mobil Jaya untuk meningkatkan jumlah pelanggannya dan kesetiaan mereka.