Peranan Analisis Relevant Cost dalam Pengambilan Keputusan untuk Menolak atau Menerima Pesanan Khusus pada PT. X
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah studi kasus yang dilakukan di PT. X dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan analisa relevant cost digunakan sebagai dasar pertimbangan pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak pesanan khusus PT. X di Bandung. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah data keuangan perusahaan tahun 2008, data produksi, data biaya perusahaan dan data pesanan khusus. Analisa dilakukan dengan cara menghitung biaya-biaya yang relevan dan kemudian dilakukan analisa untuk mengetahui jumlah keuntungan atau kerugian yang diperoleh perusahaan yang akan digunakan sebagai dasar pertimbangan pengambilan keputusan perusahaan untuk menerima atau menolak pesanan khusus tersebut. Berdasarkan hasil analisa relevant cost, menunjukkan bahwa laba perusahaan meningkat sebesar Rp. 42.066.000,- yang semula Rp. 279.786.000,- menjadi Rp. 321.852.000,- setelah menerima pesanan khusus. Oleh karena itu, perusahaan sebaiknya menerima pesanan khusus tersebut, karena akan meningkatkan laba jangka pendek PT. X.