PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI USAHA MEMPERTAHANKAN REPUBLIK INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA KELAS IX.2 SMP NEGERI MUARA BELITI
Main Author: | Holili, Holili |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang
, 2017
|
Online Access: |
http://journal.um.ac.id/index.php/jtppips/article/view/8809 http://journal.um.ac.id/index.php/jtppips/article/view/8809/4236 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX.2 SMP Negeri Muara Beliti pada materi usaha mempertahankan Republik Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Snowball throwing. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus menempuh prosedur: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Tindakan dua siklus menghasilkan peningkatan kualitas pembelajaran dan peningkatan .hasil belajar, rata-rata ketuntasan belajar siswa siklus satu 68,55% ketuntasan 61,29%. Siklus dua rata-rata 80,1% ketuntasan 90%. Hasil akhir tindakan dua siklus tersebut berhasil meningkatkan hasil belajar IPS.Kata Kunci: Hasil Belajar, Snowball throwing AbstractThis study aims to improve student learning outcomes of class IX.2 State Junior High School Muara Beliti on the material business to defend the Republic of Indonesia by using the Snowball throwing learning. The research method used is Classroom Action Research. The study was conducted in two cycles with each model cycle following the procedure: planning, action, observation, and reflection. The action of two cycles resulted in improving the quality of learning and improving the learning outcomes, the average completeness of students' learning cycle one 68.55% completeness 61.29%. Cycle two averages 80.1% completeness 90%. The end result of the two cycle action succeeded in improving the IPS learning outcomes.Keywords: Learning Outcome, Snowball throwing