HUBUNGAN MINAT MAHASISWA DALAM PENGGUNAAN PERPUSTAKAAN DENGAN KEEFEKTIVITASAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI STIKES ICSADA BOJONEGORO
Main Author: | ICSADA, STIKES |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STIKes Insan Cendekia Husada Bojonegoro
|
Online Access: |
http://jurnal.stikesicsada.ac.id/index.php/jmakia/article/view/5 http://jurnal.stikesicsada.ac.id/index.php/jmakia/article/view/5/5 |
Daftar Isi:
- Lembaga perpustakaan merupakan bagian integral lembaga pendidikan perguruan tinggi sekaligus sebagai kelengkapan pendidikan perguruan tinggi, yang merupakan bagian terpadu dalam sistem kurikulum pendidikan perguruan tinggi. Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan mempunyai berbagai fungsi antara lain : menyerap dan menghimpun informasi untuk kegiatan belajar mengajar, menyediakan berbagai sumber rujukan untuk para dosen dan mahasiswa. Selain itu juga menyediakan bahan-bahan yang bermanfaat bagi kegiatan rekreatif, meningkatkan minat dan kegemaran membaca dan mengembangkan daya nalar untuk melakukan penelitian sederhana berdasarkan informasi yang tersedia. Sampai saat ini, minat baca mahasiswa di perpustakaan STIKES Icsada Bojonegoro belum teridentifikasi dengan jelas, karena belum pernah dilakukan penelitian tentang minat mahasiswa dalam penggunaan perpustakaan sehubungan dengan keefektivitasan proses belajar mengajar. Oleh sebab itu, Penelitian ini dimaksudkan untuk dapat mengetahui apakah minat mahasiswa dalam penggunaan perpustakaan berpengaruh dengan keefektivitasan kegiatan belajar mengajar dan dari hasilpenelitian yang didapatkan, adalah Sebagian besar responden di STIKES ICSADA Bojonegoro Tahun 2014 dengan minat sedang dalam penggunaan perpustakaan sebanyak 120 responden dan 4 efektif dalam kegiatan belajar mengajar sebanyak 111 responden. Sehingga saran untuk Stikes Icsada Bojonegoro agar dapat meningkatkan sarana dan prasarana perkuliahan seperti dengan pengadaan buku-buku referensi pada perpustakaan baik dalam hal jumlah maupun buku referensi baru