PERILAKU KOMUNIKASI INTERPERSONAL PECANDU GAME ONLINE (Studi Kasus Pada Pecandu Game Online Dota 2 Di Kota Serang)
Main Authors: | PRATIWI, ELIANA, Kania, Rd. Nia, Nurprapti, Nurprapti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/978/1/SKRIPSI%20ELIANA%20PRATIWI%20-%20Copy.pdf http://eprints.untirta.ac.id/978/ http://kom.fisip-untirta.ac.id |
Daftar Isi:
- Eliana Pratiwi. NIM. 6662132410. Skripsi. Perilaku Komunikasi Interpersonal Pecandu Game Online (Studi Kasus Pada Pecandu Game Online Dota 2 di Kota Serang). Pembimbing I: Dr. Rd. Nia Kania Kurniawati, M.Si dan Pembimbing II: Dr. Nurprapti Wahyu Widyastuti, M.Si Perkembangan teknologi memunculkan berbagai hal yang bisa dijalankan hanya dengan mengandalkan jaringan internet, salah satu nya adalah game online. Game online kini telah menjadi suatu candu yang bisa membuat para pemainnya mengurangi kegiatan lain. Salah satu game online yang saat ini tengah digandrungi sebagian masyarakat khususnya para remaja hingga dewasa awal yaitu Dota 2. Meningkat nya aktivitas dalam bermain game online Dota 2 tidak berbanding lurus dengan perilaku komunikasi para pemain nya, maka dari itu timbul lah perbedaan perilaku komunikasi interpersonal didalam dunia virtual maupun diluar dunia virtual. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa motivasi bermain pecandu game online Dota 2, bagaimana interaksi pecandu game online Dota 2 didalam dunia virtual, dan bagaimana interaksi pecandu game online Dota 2 diluar dunia virtual. Teori pendukung yang peneliti gunakan adalah teori motivasi David McClelland. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan lima key informan pecandu game online Dota 2 dan tiga informan tambahan yaitu keluarga, operator warnet, dan psikolog. Hasil dari penelitian ini yaitu motivasi bermain pecandu game online Dota 2 didasarkan pada kebutuhan untuk mencapai penghargaan dengan menaikan Ranking Level dan mendapatkan keuntungan finansial, menjalin dan meningkatkan hubungan dengan pemain game online lain, serta untuk menjadi pemain yang hebat dan professional. Interaksi pecandu game online Dota 2 didalam dunia virtual nya cukup aktif dikarenakan bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat terhadap game online yang sama. Dibandingkan interaksi yang dilakukan diluar dunia virtual sangat jarang dilakukan bahkan istilah dalam game online Dota 2 pun terus terbawa dalam interakasi diluar dunia virtual. Kata Kunci : Game Online, Kecanduan, Dota 2, Perilaku Komunikasi Interpersonal