Strategi Komunikasi Kelompok Kelas Inspirasi Banten (Studi Kasus dalam membangun motivasi dan minat siswa belajar)
Main Authors: | Tiurma, Agnes, Ahmad, Ikhsan, Nesia, Andin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/977/1/Strategi%20Komunikasi%20Kelompok%20Kelas%20Inspirasi%20Banten%20%28Studi%20Kasus%20dalam%20membangun%20motivasi%20dan%20min%20-%20Copy.pdf http://eprints.untirta.ac.id/977/ http://kom.fisip-untirta.ac.id |
Daftar Isi:
- Agnes Tiurma. NIM 6662130318. Skripsi. Strategi Komunikasi Kelompok Kelas Inspirasi Banten (Studi kasus membangun motivasi dan Minat siswa dalam belajar). Pembimbing I : Ikhsan Ahmad, S.Ip , M.Si dan Pembimbing II : Andin Nesia, S.IK, M.Ikom Pendidikan di provinsi Banten masih terbilang cukup rendah, khususnya pada daerah yang jauh dari perkotaan . minimnya pengetahuan anak tentang berbagai macam profesi sehingga minat anak dalam menggapai cita-cita mereka kurang karena belum mengetahui ingin menjadi seperti apa mereka nantinya. Kelas inspirasi Banten adalah suatu gerakan yang berdiri pada tahun 2012 bermula dari tim Indonesia Mengajar yang bertujuan mengenalkan profesi para profesional kepada murid yaitu pada saat hari inspirasi.Peneliti menggunakan strategi komunikasi arifin anwar dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi serta studi pustaka. Tujuan utama daripenelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan kelompok kelas inspirasi dalam mensosialisasikan dan pada saat hari inspirasi untuk membangun motivasi dan minat sbelajar siswa. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) analisis khalayak dari kegiatan hari inspirasi adalah murid sekolah dasar, khususnya yang berada jauh dari perkotaan. (2) penyusunan pesan yang disampaikan dengan menerapkan konsep AIDDA namun sesuai dengan tradisi tim yaitu dengan konsep Bomber B (3) Strategi metode yang digunakan dari cara penyampaiannya adalah canalizing dan berdasarkan bentuk isinya dengan metode informatif, persuasif, dan edukatif. (4) Strategi seleksi dan pemilihan media yang dilakukan ketika hari inspirasi dengan face to face dan dengan menggunakan media cetak, online serta turun ke lapangan ketika publikasi. Kata Kunci : Strategi, Komunikasi, Kelompok, Kelas Inspirasi.