TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI DAN GAYA HIDUP MAHASISWA

Main Author: sihabudin, ahmad
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Center of Information and Communication Technology for Education and Culture (Pustekkom), Ministry of Education and Culture (MOEC) , 2013
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/9764/1/Teknologi%20Informasi%20Komunikasi%20dan%20Gaya%20Hidup%20Mahasiswa.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/9764/2/teknologi%20informasi%20komunikasi.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/9764/
https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/index
Daftar Isi:
  • Tulisan ini menjelaskan suatu gaya hidup yang meluber lewat komunikasi massa, dan jaringan ICT atau media kovergen ini melahirkan pola kehidupan yang demokratis, artinya, suatu gaya hidup tidak lagi menjadi privelese suatu kelompok dalam stratifikasi sosial. Dalam konteks kebudayaan massa, atau biasa juga disebut kebudayaan populer, masyarakat menjadi homogen. Siapa saja dapat mengambil alihnya, dari strata manapun ia berasal, pada saat ia bermaksud mengidentifikasikan dirinya ke dalam kelompok sosial yang dicitrakan oleh kebudayaan massa tersebut. Berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi (information and communication technology / ICT) selama dekade terakhir membawa tren baru di dunia industri komunikasi yakni hadirnya beragam media yang menggabungkan teknologi komunikasi baru dan teknologi komunikasi massa tradisional. ICT amat berpengaruh dan mempercepat penyemaian budaya, gaya hidup, dan nilai baru. Efek Media, sebagian besar merupakan efek yang dikehendaki komunikator: efek-efek bersifat jangka pendek (segera dan temporer); efek-efek itu ada kaitannya dengan perubahan - perubahan sikap, pengetahuan maupun tingkah laku dalam inividu.