MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BERHITUNG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BERGAMBAR PADA ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI KOBER SKB PANDEGLANG
Main Author: | Firdaus, Muhamad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/9726/1/MENINGKATKAN%20MOTIVASI%20BELAJAR%20BERHITUNG%20DENGAN%20MENGGUNAKAN%20MEDIA%20BERGAMBAR%20PADA%20ANAK%20USIA%20DINI%205-.pdf https://eprints.untirta.ac.id/9726/ http://fkip.untirta.ac.id |
Daftar Isi:
- Banyaknya peserta didik yang kurang termotivasi dalam pembelajaran berhitung dikarenakan kurangnya media pembelajaran yang menarik. Betapa pentingnya motvasi belajar peserta didik untuk mencapai pembelajaran yang baik dalam proses dan hasil pembelajaran untuk peserta didik. Maka di Kober SKB ini sebagai salah satu penyelenggara yang bergerak untuk mengembangkan motivasi peserta didik dalam pembelajaran berhitung menggunakan media gambar. Penelitian ini bermaksud mengetahui lebih lanjut bagaimana proses pembelajaran di Kober SKB Pandeglang ini, Hasil dari pembelajaran dan apa saja yang menjadi faktor penghambat dan pendukung dalam pembelajaran berhitung menggunakan media gambar di Kober SKB Pandeglang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Kober UPTD Sanggar Kegiatan Belajar ( SKB ) Kabupaten Pandeglang Alamat Jln. Raya Labuan KM. 2 Ciekek Pandeglang Telepon (0253) 201233 Kode Pos 42211. Proses pembelajaran di Kober SKB ini tidak jauh berbeda dengan Kober lainnya yaitu belajar dikelas dan mata pelajaranya pun hampir sama, hanya di Kober SKB ini menggunakan metode belajar dan bermain merupakan cara belajar yang sangat penting dan mudah bagi anak-anak usia dini, peserta didik dapat lebih kreativ dan bebas berekspresi. Hasil pembelajaran berhitung menggunakan media gambar ini bisa dilihat dari hasil belajar peserta didik yang meningkat, serta peserta didik yang lebih termotivasi untuk belajar. Perubahan ini dirasakan oleh para tutor maupun dirasakan sendiri oleh peserta didik tersebut. Beberapa faktor penghambat dalam proses pembelajaran adalah minat belajar peserta didik, lingkungan kelas, dan emosi anak, adapun faktor pendukungnya ialah media pembelajaran sebagai alat pembelajaran penunjang agar peserta didik lebih termotivasi, tutor sebagai memandu kegiatan pembelajaran dengan cara metode pembelajaran yang menarik, dan kemampuan peserta didik apabila peserta didik mempunya keinginan maka akan mempunya kemampuan untuk mencapainya.