PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DALAM MENGATASI KESULITAN MENULIS PUISI PADA WARGA BELAJAR PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI UPT SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUPATEN PANDEGLANG
Main Authors: | NURHALENAWATI, LIANA, Sholih, Sholih, Ardie, Romli |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/9642/1/PENGGUNAAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20CONTEXTUAL%20TEACHING%20LEARNING%20%28CTL%29%20DALAM%20MENGATASI%20KESULITAN%20MENULI.PDF https://eprints.untirta.ac.id/9642/ http://fkip.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini berdasarkan pengamatan dan tes awal yang menunjukan bahwa kemampuan warga belajar dalam menulis puisi masih sangat rendah dan tutor masih menggunakan metode ceramah. Berdasarkan latar belakang tersebut maka fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana aktivitas warga belajar saat diterapkannya model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dalam mengatasi kesulitan menulis puisi pada program kesetaraan paket C di UPT Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Pandeglang? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar warga belajar setelah menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dalam menulis puisi pada program kesetaraan paket C di UPT Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Pandeglang? Tujuan penelitian: 1) mendeskripsikan aktivitas warga belajar saat diterapkannya model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dalam mengatasi kesulitan menulis puisi pada program kesetaraan paket C di UPT Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Pandeglang. 2) meningkatan hasil belajar warga belajar setelah menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dalam menulis puisi pada program kesetaraan paket C di UPT Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Pandeglang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Tahapan dalam penelitian meliputi perencanaan, observasi, tindakan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran CTL dapat mengatasi kesulitan warga belajar dalam menulis puisi terbukti pada pra siklus nilai rata-rata yaitu 38.5, siklus I 49.5, siklus II meningkat menjadi 73.8 dan siklus III mencapai 85.8. Aktivitas belajar warga belajar juga meningkat, siklus I rata-rata 39.6%, siklus II 61.7% dan siklus III meningkat menjadi 85.2%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran CTL dapat mengatasi kesulitan menulis puisi pada warga belajar kesetaraan paket C. Kata kunci: model pembelajaran CTL, puisi