PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAVI PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X DI SMA NEGERI 1 PETIR
Main Author: | ISNI ORISTA, NENENG |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/9509/1/PROFIL%20KEMAMPUAN%20BERPIKIR%20KRITIS%20SISWA%20MELALUI%20PENDEKATAN%20PEMBELAJARAN%20SAVI%20PADA%20MATERI%20KEANEKARAGAMAN%20HAYATI%20KELAS%20X%20DI%20SMA%20NEGERI%201%20PETIR.pdf https://eprints.untirta.ac.id/9509/ http://fkip.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan berpikir kritis siswa melalui pendekatan pembelajaran SAVI (Somatic, Audio, Visual, dan Intelektual) pada konsep keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Petir tahun ajaran 2018/2019. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA 3 yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui tes uraian. Nilai rata-rata dari setiap indikator kemampuan berpikir kritis adalah 68,4% pada indikator menyimpulkan (Tinggi), 73,5% pada indikator membangun keterampilan dasar (tinggi), 63,2 % pada indikator membuat penjelasan lebih lanjut (cukup), 69,6% indikator memberikan penjelasan sederhana (tinggi), dan 65,7% indikator mengatur strategi (tinggi).