EMOSI, MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN DAN KINERJA

Main Author: Nulhakim, Lukman
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel) , 2016
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/9411/1/19.%20JURNAL%20EMOSI%20JAWARA.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/9411/
https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JAWARA/article/view/1382
Daftar Isi:
  • Dalam proses belajar setiap siswa harus mempunyai suatu tujuan yang harus dicapai didalamnya, baik tujuan pendek maupun tujuan jangka penjang yang dapat membuat diri mereka mempunyai suatu perubahan yang terjadi setelah mereka mengikuti sebuah proses pendidikan yang diberikan oleh guru. Emosi dan motivasi merupakan dua hal yang selalu beririringan dalam pembelajaran. Seorang guru selayaknya memberikan sebuah dorongan yang dapat memberikan motivasi dan menjaga emosi terhadap diri mereka untuk meningkatkan prestasi belajar. Dorongan yang seharusnya diberikan oleh seorang guru tidak akan dapat merubah sikap/perilaku individu, karena semuanya akan mempunyai suatu hubungan yang dapat memberikan satu nilai tambah dalam meningkatkan prestasi belajar. Dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, seorang guru mempunyai andil didalamnya yang mana memberikan suatu arahan untuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Salah satu bentuk untuk meningkatkan prestasi belajar yaitu dengan memberikan motivasi belajar kepada siswa. Dengan adanya motivasi belajar yang diberikan kepada siswa dapat untuk meningkatkan prestasi mereka di sekolah. Motvasi belajar ini diberikan berupa informasi yang dapat memberikan suatu nilai positif dalam meningkatkan prestasi belajar dan meningkatkan kinerja bagi siswa. Bagi siswa mempunyai suatu motivasi prestasi dalam belajar akan membangun suatu aktivitas yang positf, disini akan diberikan suatu informasi mengenai bagaimana meningkatkan motivasi dalam belajar yang akan lebih meningkatkan kinerja siswa dan strategi peningkatan kinerja.