PERBEDAAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING DI SEKOLAH DASAR

Main Author: Nulhakim, lukman
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: JPSD , 2017
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/9409/1/17.%20JURNAL%20pPERBEDAAN%20BERPIKIR%20KRITIS335.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/9409/
https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/article/view/2141/2704
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dari pada kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain posttest only design with nonequivalent group. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Ciherang tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling. Pada penelitian ini kelas V B sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t satu pihak kanan. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis satu pihak kanan diperoleh hasil bahwa kemampuan berpikir krtis siswa yang menggunakan model inkuiri terbimbing lebih baik dari kelas kontrol yang menggunakan model ekspositori