PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO BERBASIS POWTOON PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V

Main Author: nulhakim, lukman
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Sains Indonesia , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/9397/1/6.%20GENAP%20YANI.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/9397/2/6.%20GENAP%20YANI.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/9397/
http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi
Daftar Isi:
  • Media tidak dapat dipisahkan dari proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang tidak menarik dan variatif membuat peserta didik menjadi jenuh. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran dalam bentuk video animasi berbasis powtoon. Mencapai tujuan ini digunakan metode research and development (R & D). Pengembangan media pembelajaran berfokus pada IPA untuk kelas lima Sekolah Dasar. Mengetahui koherensi antara media dan materi, uji validitas telah dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Hasil validitas produk oleh kedua ahli diperoleh kategori sangat layak. Dari ahli media diperoleh nilai 89,8% ahli dan materi 88,7%. Selanjutnya, untuk mengetahui efektivitas media terhadap materi pelajaran, dilakukan uji coba di SDIT. Hasil uji coba terbatas untuk peserta didik memperoleh katagori sangat baik dengan 96,36% dan evaluasi oleh pendidik sebesar 91,1%. Berdasarkan hasil analisis kedua ahli serta uji coba pada peserta didik dan pendidik, bahwa media video pembelajaran berbasis powtoon telah memenuhi kriteria untuk digunakan sebagai media pembelajaran IPA.