TEKNIK ANALISIS ISI BERITA BASUKI TJAHAJA PURNAMA SEBELUM DAN SESUDAH PILKADA DKI JAKARTA PUTARAN II (Analisis Isi Berita di Surat Kabar Media Indonesia dan Republika Periode 13 April – 26 April 2017)
Main Authors: | Damara, Chevi Azmi, Sagita, Darwis, Witantra, Ari Pandu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/933/1/Teknik%20Analisi%20Isi%20Berita%20Basuki%20Tjahaja%20Purnama%20Sebelum%20dan%20Sesudah%20Pilkada%20DKI%20Jakarta%20Putaran%20II%20%282%29%20-%20Copy.pdf http://eprints.untirta.ac.id/933/ http://kom.fisip-untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Chevi Azmi Damara. NIM. 6662130501. Analisis isi Berita Basuki Tjahaja Purnama Sebelum dan Sesudah PILKADA DKI Jakarta Putaran II (Analisis Isi Berita di Surat Kabar Media Indonesia dan Republika Periode 13 April – 26 April 2017). Pembimbing 1 : Darwis Sagita,M.I.Kom dan Pembimbing II : Ari Pandu Witantra,M.I.Kom Penelitian ini dilakukan untuk melihat kecenderungan isi berita di surat kabar terkait pemberitaan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok seminggu sebelum dan seminggu sesudah Pilkada Putaran II. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis isi kuantitatif, dengan konsep kategori isi berita. Dimana kategori yang dimaksud tema berita, sumber berita, nada berita. Surat kabar yang diteliti adalah Media Indonesia dan Republika dengan periode penelitian tanggal 13 April – 26 April 2017. Menghasilkan populasi penelitian pada Media Indonesia sebanyak 33 berita, sedangkan pada Republika sebanyak 19 berita. Hasil dari penelitian ini adalah di Media Indonesia seminggu sebelum Pilkada tema berita yang paling dominan yakni mengenai keberhasilan Ahok memimpin Jakarta sebesar 29,4% dan kasus yang dialami Ahok 35,4% Sedangkan di Republika tema yang paling banyak yakni mengenai kasus penistaan agama sebesar 50%. Hasil seminggu setelah Pilkada tema berita yang paling dominan masih tetap sama di Media Indonesia yakni mengenai kasus yang dialami Ahok 50% dan keberhasilan Ahok dalam memimpin Jakarta 30% Sedangkan di Republika tema yang paling banyak tetap berfokus mengenai kasus penistaan agama sebesar 44,4%. Hasil penelitian kedua kategori sumber berita seminggu sebelum Pilkada di Media Indonesia dominan dari Pemerintah 23,1% dan Ahok 17,9% sedangkan di Republika paling banyak dari Pemerintah 22,2% dan Organisasi Islam 22,2%. Hasil seminggun setelah Pilkada di Media Indonesia sumber berita paling banyak dari Ahok 25% sedangkan di Republika dari Organisasi Islam 25%. Hasil penelitian terakhir kategori nada berita seminggu sebelum Pilkada di Media Indonesia positif 62,5%, Negatif 12,5%, Netral 25% di Republika positif 16,6%, negatif 50%, netral 33,4%. Adapun seminggu setelah Pilkada di Media Indonesia positif 72,7%, Negatif 9,1%, Netral 18,2% di Republika positif 10%, negatif 50%, netral 40%. Kata Kunci : Analisis isi, Berita tentang Ahok, dan Media Cetak.