PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN MORAL SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 17 KOTA SERANG (Studi Deskriptif pada siswa di SMP Negeri 17 Kota Serang)
Main Author: | Sopiyati, Dika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/9314/1/PERAN%20GURU%20PENDIDIKAN%20KEWARGANEGARAAN%20DALAM%20MENGEMBANGKAN%20KECERDASAN%20MORAL%20SISWA%20PADA%20PEMBELAJARAN%20PENDIDIKAN%20KEWARGANEGARAAN%20%20DI%20SMP%20NEGERI%2017%20KOTA%20SERANG.pdf https://eprints.untirta.ac.id/9314/ http://fkip.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri 17 Kota Serang, dengan melihat kendala guru PKn dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa dan solusi dalam mengatasi kurangnya siswa dalam mengembangkan kecerdasan moral. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yakni mendeskripsikan tentang fenomena-fenomena yang ada. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data yaitu dengan menggunakan sumber. Hasil penelitian ini mengungkapkan beberapa hal penting: (1) peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa di SMPN 17 Kota Serang dilakukan dengan cara menularkan pengetahuan dengan menggunakan berbagai teknik dan metode. Dalam menjalin komunikasi pembelajaran, guru menggunakan strategi tatap muka dan selalu menanyakan materi yang tidak dipahami kepada siswa. Selain itu, guru juga selalu mempelajari karakteristik siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. (2) Kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengembangkan kecerdasan moral kepada siswa diataranya adalah sulitnya menghadapi sikap apatis siswa yang tidak peduli terhadap sesama. Selain itu dalam meningkatkan rasa hormat siswa, guru terkendala oleh sulitnya membentuk karakter bawaan siswa. (3) Solusi untuk mengatasi kurangnya siswa dalam mengembangkan kecerdasan moral diantaranya adalah dengan menanamkan kepedulian kepada diri siswa. memberikan bimbingan secara intensif, serta memberikan pengaruh-pengaruh positif kepada siswa. Memberikan tauladan yang baik dan pembiasaan yang baik. Serta berlaku adil dan tidak membeda-bedakan status sosial siswa.