PERAN GURU DALAM MENUNJANG KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI MEDIA GAMBAR USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Kualitatif di RA/TKIT Bina Insan Kragilan)

Main Author: SULISTYONINGSIH, FEBRIANTI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/9313/1/PERAN%20GURU%20DALAM%20MENUNJANG%20KEMAMPUAN%20KOGNITIF%20ANAK%20MELALUI%20MEDIA%20GAMBAR%20USIA%205-6%20TAHUN.PDF
https://eprints.untirta.ac.id/9313/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya peran seorang guru dalam menunjang kemampuan kognitif anak. Kemampuan kognitif adalah kemampuan yang berhubungan dengan otak atau pikiran. Dalam menunjang kemampuan kognitif, perlu adanya media penunjang pembelajaran. Salah satu media penunjang pembelajaran yaitu menggunakan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif anak, untuk mengetahui peran guru dalam menunjang kemampuan kognitif anak melalui media gambar usia 5-6 tahun dan untuk mengetahui proses penerapan media gambar dalam menunjang kemampuan kognitif anak melalui media gambar usia 5-6 tahun di RA/TKIT Bina Insan Kragilan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dan tempat penelitian ini yaitu di RA/TKIT Bina Insan Kragilan dengan subjek penelitian sebanyak 16 anak dan 2 orang guru. Dari hasil penelitian menyatakan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA/TKIT Bina Insan Kragilan, kemampuan kognitif anak berkembang sangat baik, hal ini terbukti dari hasil peneliti di lapangan bahwa anak mampu menyelesaikan kegiatan dengan baik. Lalu peran guru dalam menunjang kemampuan kognitif melalui media gambar anak usia 5-6 tahun di RA/TKIT Bina Insan Kragilan sudah sesuai perannya. Hal ini terlihat dengan peran guru sebagai pendidik, motivator, pembimbing, dan fasilitator. Proses penerapan media gambar dalam menunjang kemampuan kognitif anak melalui media gambar usia 5-6 tahun di RA/TKIT Bina Insan Kragilan juga sudah di terapkan dengan baik di sekolah tersebut, dengan penggunaan media gambar pada anak dapat lebih mudah untuk di mengerti pembelajarannya, karena melalui media gambar secara tidak langsung anak dapat melihat objek secara nyata sehingga memudahkan anak dalam belajar dan dapat belajar dengan baik