PERAN GURU DALAM MENGOPTIMALKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian Kualitatif di TK Islam Nusantara Serang Banten)
Main Author: | CITRA AMANDA, PINKA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/9311/1/PERAN%20GURU%20DALAM%20MENGOPTIMALKAN%20KEMANDIRIAN%20ANAK%20USIA%204-5%20TAHUN.PDF https://eprints.untirta.ac.id/9311/ http://fkip.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Kemandirian pada anak harus di stimulasi semenjak dini karena anak yang mandiri tidak dapat mempengaruhi perkembangan yang lainnya, begitupun kemandirian anak tidak dapat langsung mandiri dengan begitu saja tanpa adanya peran guru yang membantu kemandirian pada diri anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengoptimalkan kemandirian anak usia 4-5 tahun di TK Islam Nusantara Kota Serang Banten. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilakukan pada anak usia 4-5 tahun di kelompok A dengan jumlah sebanyak 11 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kemandirian anak usia 4-5 tahun pada kelompok A sudah baik. Hal ini terlihat ketika anak sudah mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah tanpa orang tua, anak mampu saling berbagi, anak mampu berinteraksi dengan teman, anak melakukan sesuatu dengan inisiatif sendiri, anak mampu memecahkan masalah, anak mampu bersabar dalam mengantri, anak mampu mencuci tangan dengan sendiri, anak mampu membuka botol minum dan tempat makan dengan sendiri, anak mampu makan dan minum dengan sendiri, anak mampu menggunakan sepatu perekat, anak mampu menyelesaikan tugas dari guru, anak berani mengatakan yang di inginkannya, anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, anak mengakui kesalahan yang telah diperbuatnya, anak mampu bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Begitupun untuk peran guru dalam mengoptimalkan kemandirian anak, guru yang memiliki peran sebagai motivator, pembimbing, dan inspirator dimana peran guru tersebut sangat membantu anak untuk menerapkan kemandirian dalam kehidupannya sehari-hari.