PERAN GURU DALAM MENANAMKAN SIKAP DISIPLIN PADA SISWA KELAS IV MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN DI SDN BHAYANGKARI Penelitian Kualitatif Mengenai Peran Guru dalam Menanamkan Sikap Disiplin Pada Siswa Melalui Kegiatan Pembiasaan

Main Author: Dwi Agustin, Rafika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/9308/1/PERAN%20GURU%20DALAM%20MENANAMKAN%20SIKAP%20DISIPLIN%20PADA%20SISWA%20KELAS%20IV%20MELALUI%20KEGIATAN%20PEMBIASAAN%20DI%20SDN%20BHAYANGKARI.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/9308/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Kedisiplinan di Indonesia tercipta dan terbentuk melalui proses dan serangkaian sikap yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, keteraturan, dan ketertiban. Sikap disiplin tidak hanya dimiliki oleh siswa saja tetapi seluruh profesi dan setiap warga Negara Indonesia harus bersikap disiplin untuk menunjukkan nilai-nilai taat, patuh, teratur, dan tertib akan suatu norma atau aturan yang berlaku di Indonesia. Guru pun berperan penting dalam solusi permasalahan kurang disiplinnya siswa. Karena siswa banyak menghabiskan waktunya di sekolah bersama guru terutama guru kelasnya. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam menanamkan sikap disiplin pada siswa kelas IV melalui kegiatan pembiasaan. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini dapat mengungkapkan bahwa guru SDN Bhayangkari dapat melakukan proses penanaman sikap disiplin kepada siswa kelas IV, mengetahui faktor penghambat dan faktor penunjang dalam menanamkan sikap disiplin, dan guru dapat memberikan dampak yang baik kepada para siswa dalam penanaman sikap disiplin.