PENGGUNAAN MONOPOLI HIJAIYAH UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN HURUF-HURUF HIJAIYAH PADA SISWA DENGAN HAMBATAN PENDENGARAN (Studi Kuantitatif Pre-Eksperimen One Group Pretest-Posttest di kelas VII SKh Al-Kautsar Kota Cilegon)
Main Author: | Sundari, Silvi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/9295/1/PENGGUNAAN%20MONOPOLI%20HIJAIYAH%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20PENGETAHUAN%20HURUF%20HURUF%20HIJAIYAH%20PADA%20SISWA%20DENGAN%20HAMBATAN%20PENDENGARAN.pdf https://eprints.untirta.ac.id/9295/ http://fkip.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan huruf-huruf hijaiyah pada siswa dengan hambatan pendengaran menggunakan Monopoli Hijaiyah. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen one group pretest- posttest yang dilakukan pada 2 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan dengan hambatan pendengaran kelas VII di SKh Al-Kautsar Kota Cilegon. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Media pembelajaran meliputi alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pembelajaran baik secara audio maupun visual. Siswa dengan hambatan pendengaran pada saat proses pembelajaran akan mengoptimalkan indera penglihatan mereka, maka pemilihan media visual yang digunakan harus menarik dan sesuai kebutuhan siswa dengan hambatan pendengaran. Monopoli Hijaiyah adalah media pembelajaran yang mampu membantu siswa dengan hambatan pendengaran untuk mengenalkan huruf-huruf hijaiyah dalam hal menunjukkan, menyebutkan dan menuliskan huruf-huruf hijaiyah. Desain penelitian yang digunakan yaitu pre-test dan post-test one group design. Data yang diperoleh berdasarkan hasil pre-test dan post-test diolah menggunakan uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, maka diperoleh Thitung = 12 dan berdasarkan nilai kritis untuk uji wilcoxon pada tingkat signifikasi 0,05 dengan jumlah N berjumlah 3 orang, maka diperoleh T tabel = 0, maka Ho ditolak. Dengan demikian hipotesis yang diajukan penelitian ini diterima. Dari hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan Monopoli Hijaiyah terhadap peningkatan pengetahuan huruf-huruf hijaiyah pada siswa dengan hambatan pendengaran. Oleh karena itu disarankan agar media tersebut menjadi pertimbangan bagi para guru untuk diimplementasikan dalam pembelajaran saat di kelas.