PENGGUNAAN MEDIA KOTAK PASIR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK AUTIS KELAS II SMP DI SKH AL-IHSAN 02 CILEGON

Main Author: Dwi Cahya Ningsih, Fadzilah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/9290/1/PENGGUNAAN%20MEDIA%20KOTAK%20PASIR%20DALAM%20MENINGKATKAN%20KEMAMPUAN%20MENULIS%20PERMULAAN%20PADA%20ANAK%20AUTIS%20KELAS%20II%20SMP%20DI%20SKH%20AL-IHSAN%2002%20CILEGON.PDF
https://eprints.untirta.ac.id/9290/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh terdapatnya anak autis yang sudah duduk di bangku SMP namun masih belum mampu menulis khususnya menulis permulaan. Maka salah satu media pembelajaran yang dijadikan alternatif untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak tersebut adalah media kotak pasir. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui peningkatan dari penggunaan media kotak pasir pada kemampuan menulis permulaan pada anak autis kelas II SMP di Skh Al Ihsan 02 Cilegon. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan Single Subjek Research (SSR) dan desain peneletian ini menggunakan desain A-B-A. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisa menggunakan analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan dengan sesi 4-8-4 (A1-B-A2) dengan target behavior membuat bentuk-bentuk garis dan membuat huruf vokal. Data yang didapat pada target behavior 1 adalah 40% pada fase baseline 1 (A1), 80% pada fase intervensi, dan 71,25% baseline dan target behavior 2 adalah 35% pada fase baseline 1 (A1), 80% pada fase intervensi, dan 71,25% baseline. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kotak pasir dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak autis kelas II SMP di SKh Al Ihsan 02 Cilegon.