PENGGUNAAN GAME TEBAK WARNA DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN WARNA DASAR ANAK TUNAGRAHITA KELAS III DI SKH SAMANTHA KOTA SERANG
Main Author: | SARASWATI, SARASWATI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/9286/1/PENGGUNAAN%20GAME%20TEBAK%20WARNA%20DALAM%20MENINGKATKAN%20PENGETAHUAN%20WARNA%20DASAR%20ANAK%20TUNAGRAHITA%20KELAS%20III%20DI%20SKH%20SAMANTHA%20KOTA%20SERANG.pdf https://eprints.untirta.ac.id/9286/ http://fkip.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan anak dalam mengidentifikasi warna dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran game tebak warna dalam meningkatkan pegetahuan warna dasar pada anak tunagrahita kelas III di SKh Samantha Kota Serang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan pendekatan Single Subject Research (SSR) dan menggunakan desain penelitian A-B-A. Target behavior pada penelitian ini adalah mengidentifikasi warna dasar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes yang diberikan pada fase baseline-1, intervensi, dan baseline-2 sebanyak 4 butir soal. Data yang didapat dianalisis menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondsi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh bahwa terdapat peningkatan pengetahuan warna dasar pada anak tunagrahita kelas III dengan menggunakan game tebak warna di SKh Samantha Kota Serang. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya mean level pada target behavior. Hasil mean level pada fase baseline-1 adalah sebesar 33,33%, lalu meningkat setelah diberikan intervensi dengan menggunakan game tebak warna sebesar 78,12%. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat penigkatan pengetahuan warna dasar pada anak tunagrahita kelas III dengan menggunakan game tebak warna di SKh Samantha Kota Serang.