PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOSAINS PADA TEMA ASAM DAN BASA UNTUK SMA KELAS XI
Main Author: | Iqlima Maytrea, Fiesta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/9212/1/PENGEMBANGAN%20MODUL%20PEMBELAJARAN%20BERBASIS%20ETNOSAINS%20PADA%20TEMA%20ASAM%20DAN%20BASA%20UNTUK%20SMA%20KELAS%20XI.pdf https://eprints.untirta.ac.id/9212/ http://fkip.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini didasari dari identitas budaya semakin menurun seiring dengan proses globalisasi dan terbatasnya modul yang digunakan dalam pembelajaran yang terintegrasi dengan budaya. Hal tersebut mengakibatkan kurangnya kebanggaan terhadap budaya dan pemahaman konsep siswa karena tidak dihubungkan dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas modul pembelajaran berbasis etnosains pada tema asam dan basa, serta mengetahui respon siswa kelas XI terhadap modul yang digunakan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan tahapan: identifikasi masalah, pengumpulan data, desain modul kimia berbasis etnosains, validasi modul, revisi modul, uji coba terbatas, dan hasil akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan menurut BSNP valid digunakan dengan perhitungan Aiken pada aspek materi dan media masing-masing sebesar 0,99 dan 0,97. Hasil respon siswa kelompok tinggi, sedang dan rendah mendapatkan persentase 92%, 93%, dan 92% yang termasuk kedalam kategori “sangat baik”. Respon siswa untuk kesadaran akan budaya, penggunaan sumber daya alam, dan kepahaman konsep didapat respon yang positif dengan kategori “sangat baik”. Hal tersebut menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan valid untuk digunakan dalam pembelajaran kimia.