PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PAKEM PADA MATER BILANGAN PECAHAN KELAS III DI SDN CIPOCOK JAYA 1 Penelitian Pengembangan pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Cipocok Jaya 1 Tahun Ajaran 2018/2019
Main Author: | Ilahiyah, Nihlatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/9208/1/PENGEMBANGAN%20MODUL%20MATEMATIKA%20BERBASIS%20PAKEM%20PADA%20MATER%20BILANGAN%20PECAHAN%20KELAS%20III%20DI%20SDN%20CIPOCOK%20JAYA%201.pdf https://eprints.untirta.ac.id/9208/ http://fkip.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Modul merupakan salah satu bahan bahan ajar yang mempunyai peran besar dalam kegiatan belajar mengajar. Pengembangan modul yang sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan yaitu modul yang menyajikan pembelajaran mandiri, interatif, menyenangkan dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul matematika berbasis Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan, pada materi bilangan pecahan di kelas III Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D). Hasil validasi menunjukkan bahwa modul matematika berbasis PAKEM pada materi bilangan pecahan di kelas III Sekolah Dasar dinilai sangat layak, hal ini terlihat dari nilai rata-rata sebesar 87,75%. Modul ini juga mendapatkan respon sangat baik dari peserta didik, hal ini terlihat dari nilai presentase sebesar 97%. Dapat disimpulkan bahwa modul ini menarik bagi siswa dan dapat menjadi sumber belajar alternatif yang digunakan peserta didik untuk mempelajari bilangan pecahan.