PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK SISWA KELAS IV DI SDN UMBUL TENGAH 1 Penelitian R&D pada Kelas IV SDN Umbul Tengah 1

Main Author: Ila Maida, Dawangsih
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/9201/1/PENGEMBANGAN%20MEDIA%20PUZZLE%20BERBASIS%20KEARIFAN%20LOKAL%20PADA%20MATA%20PELAJARAN%20IPS%20UNTUK%20SISWA%20KELAS%20IV%20DI%20SDN%20UMBUL%20TENGAH%201.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/9201/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangan media puzzle dan bagaimana kelayakan media puzzle berdasarkan dari para ahli dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) dimana langkah- langkahnya sebagai berikut: (1) Penetapan (Difine), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Development). Produk yang dihasilkan dari penelitian ini ialah berupa media pembelajaran puzzle yang memuat materi jenis-jenis pekerjaan pada mata pelajaran IPS Sekolah Dasar kelas IV. Media pembelajaran puzzle ini berbentuk persegi empat dengan ukuran 50 cm X 50 cm. puzzle ini dibuat dengan menggunakan beberapa jenis bahan yaitu untuk bagian kotak puzzle menggunakan papan albasiah dan bagian dadu menggunakan triplek. Untuk menguji kelayakan media pembelajaran ini, dilakukan uji coba validasi ahli. Validasi ahli dilakukan oleh validasi instrumen, ahli media, ahli materi dan ahli pendidikan dengan subjek penelitian yaitu 20 peserta didik kelas IV SDN Umbul Tengah 1. Dari data yang diperoleh, media pembelajaran puzzle ini mendapatkan rata-rata skor validasi ahli sebesar 91,10% sehingga mendapatkan kategori ―sangat layak‖ dan mendapatkan rata-rata skor sebesar 91,19% dari respon siswa dan masuk dalam kategori ―sangat layak‖. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran puzzle ini layak di gunakan.