PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK di SMK PASUNDAN 2 KOTA SERANG
Main Author: | YULIAWATI, LELY |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/9187/1/PENGEMBANGAN%20MEDIA%20PEMBELAJARAN%20E%20MODUL%20BERBASIS%20ADOBE%20FLASH%20PADA%20MATA%20PELAJARAN%20PEKERJAAN%20DASAR%20ELEKTROMEKANIK%20KELAS%20X%20TEKNIK%20INSTALASI%20TEN.pdf https://eprints.untirta.ac.id/9187/ http://fkip.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Pengembangan media pembelajaran pada penelitian ini merupakan pengembangan media pembelajaran e-modul berbasisi adobe flash serta untuk kelayakan media pembelajaran diketahui dari pengimbangan media pembelajaran E-Modul Berbasis Adobe Flash pada Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). ADDIE merupakan model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini ADDIE, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan) & Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Tahap analisis merupakan tahap menganalisis kebutuhan, kurikulum, dan materi. Tahap perancangan dengan merancang desain dan isi media pembelajaran. Tahap pengembangan dan implementasi dengan e-modul berbasis adobe flash sebagai media. Tahap implementasi dilaksanakan kepada seluruh siswa kelas X TITL di SMK Pasundan 2 Kota Serang. Tahap evaluasi diketahui apakah Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Adobe Flash dan materi yang disajikan sudah layak untuk digunakan. Hasil penelitian yaitu; (1) Validasi media sangat layak dengan persentase sebesar 95,3%. (2) Validasi materi sangat layak dengan persentase adalah 97,9%. (3) Hasil penilaian angket data uji coba skala kecil mendapatkan nilai rata-rata persentase adalah 91,7% dan dalam kategori sangat layak. (4) Hasil pada angket data uji coba skala besar mendapatkan hasil sangat layak dengan persentase sebesar 92,4%. (5) Hasil dari latihan yang dilakukan didapatkan nilai rata-rata 92,1 sebelum menggunakan media pembelajaran nilai rata-rata yang dkan siswa 80,5 . (6) Hasil nilai evaluasi mendapatkan nilai rata-rata 88,5 yang sebelum menggunakan Media Pembelajaran siswa hanya mendapatkan nilai rata-rata 78,5.