PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK BERBASIS KETERAMPILAN SOSIAL PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS II DI SDN CIWAKTU Penelitian Research and Development (R&D) pada Siswa Kelas II di SD Negeri Ciwaktu
Main Author: | Marwati, Marwati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/9180/1/PENGEMBANGAN%20MEDIA%20PEMBELAJARAN%20BIG%20BOOK%20BERBASIS%20KETERAMPILAN%20SOSIAL%20PADA%20MATA%20PELAJARAN%20IPS%20KELAS%20II%20DI%20SDN%20%20CIWAKTU.pdf https://eprints.untirta.ac.id/9180/ http://fkip.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan media pembelajaran big book berbasis keterampilan sosial materi kerjasama di lingkungan tetangga pada mata pelajaran IPS di kelas II sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN Ciwaktu dengan subjek penelitian siswa kelas II sejumlah 30 siswa dengan rincian 10 siswa pada uji coba terbatas. Jenis penelitian yang digunakan mengacu pada metode pengembangan Research and Development (R&D). Instrumen yang digunakan berupa lembar angket untuk validasi media oleh dosen ahli serta guru dan lembar angket respon siswa. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan kualitas media big book berbasis keterampilan sosial yang dikembangkan termasuk pada kategori layak dengan presentase 75,55% dari dua ahli media, kategori sangat layak dengan presentase 92,00% dari dua ahli materi, kategori layak dengan presentase 68,17% dari dua ahli bahasa. Respon siswa terhadap media big book berbasis keterampilan sosial pada uji coba dengan 10 responden sebesar 89,5% dengan kategori sangat setuju.