PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PUZZLE PETA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN SIDAMUKTI 4 PANDEGLANG ”Penelitian R&D mengenai Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Puzzle Peta pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SDN Sidamukti 4 Kabupaten Pandeglang Banten”
Main Author: | Nazlah, Nabila |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/9179/1/PENGEMBANGAN%20MEDIA%20PEMBELAJARAN%20BERBASIS%20PUZZLE%20PETA%20PADA%20MATA%20PELAJARAN%20IPS%20KELAS%20IV%20SDN%20SIDAMUKTI%204%20PANDEGLANG.pdf https://eprints.untirta.ac.id/9179/ http://fkip.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis puzzle peta yang layak untuk pembelajaran IPS pada materi peta lingkungan di kelas IV SDN Sidamukti 4 Pandeglang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) atau R&D yang mengacu pada pengembangan yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono. Penelitian ini dilakukan di SDN Sidamukti 4 pada bulan Oktober sampai bulan November 2018. Penelitian dilakukan dengan langkah-langkah: Analisis masalah, Pengumpulan data, Desain produk, Validitas Uji Ahli, Revisi produk dan Uji Coba Terbatas. Produk yang dikembangkan diuji kelayakannya dengan validasi oleh ahli desain, ahli bidang studi IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial), dan uji coba terbatas. Subjek penelitian berjumlah 10 orang siswa saat uji coba terbatas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa validasi ahli desain memperoleh skor rata-rata 83,5% yang termasuk dalam kategori “sangat layak”. Hasil validasi ahli bidang studi IPS memperoleh skor rata-rata 91,39% yang termasuk dalam kategori “sangat layak”. Hasil uji coba Terbatas memperoleh skor rata-rata 81% yang termasuk dalam kategori “sangat layak”. Berdasarkan hasil uji coba tersebut, media pembelajaran berbasis Puzzle Peta layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPS materi Peta lingkungan