PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN ALJABAR (Suatu Penelitian Pengembangan)
Main Author: | SODRI, ALI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/9177/1/PENGEMBANGAN%20MEDIA%20PEMBELAJARAN%20BERBASIS%20KONTEKSTUAL%20PADA%20%20POKOK%20BAHASAN%20ALJABAR.pdf https://eprints.untirta.ac.id/9177/ http://fkip.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan media pembelajaran berbasis kontekstual pada pokok bahasan Aljabar. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Al Irsyad Banten tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan sesuai dengan prosedur penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan dalam penelitian ini melibatkan tujuh tahap, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Uji skala terbatas dilakukan pada 9 siswa kelas VII. Produk yang diuji cobakan pada tahapan uji skala terbatas yaitu Media Pembelajaran Matematika pada materi Aljabar yang disajikan dengan interaktif dan dipadukan dengan pendekatan kontekstual. Media pembelajaran berbasis kontekstual merupakan media pembelajaran yang memuat tujuh komponen pendekatan kontekstual (kontruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, penilaian yang sebenarnya) dalam penyajian materinya. Pendekatan kontekstual sendiri merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang dalam prosesnya mengaitkan objek sekitar kedalam materi pembelajaran sehingga lebih mudah dipahami siswa. Data penelitian diperoleh dengan diberikan angket (10 butir pertanyaan angket tertutup dan 8 butir pertanyaan angket terbuka) setelah menggunakan media pembelajaran. Pengolahan data angket menggunakan skala likert. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah media pembelajaran yang telah dikembangkan dan diujikan dinyatakan sangat baik dengan rata-rata penilaian uji ahli multimedia 82%, uji ahli matematika 84,4% uji ahli pendidikan 82,8%, dan 78,3% pada uji skala terbatas dengan respon siswa setelah menggunakan dikatakan baik terhadap media pembelajaran berbasis kontekstual.