PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PESERTA DIDIK SD KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA (Penelitian Pengembangan di Kelas IV SDN Panancangan 2 Kota Serang Tahun Ajaran 2018/2019)
Main Author: | Aisyah Aini, Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/9162/1/PENGEMBANGAN%20LKPD%20BERBASIS%20PROBLEM%20BASED%20LEARNING%20UNTUK%20PESERTA%20DIDIK%20SD%20KELAS%20IV%20PADA%20MATA%20PELAJARAN%20IPA%20MATERI%20GAYA.PDF https://eprints.untirta.ac.id/9162/ http://fkip.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan dalam membuat LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi gaya di kelas IV SD, untuk mengetahui apakah LKPD layak untuk digunakan sebagai bahan ajar, dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD berbasis Problem Based Learning. Penelitian ini dilakukan di SDN Panancangan 2 Kota Serang dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV sejumlah 20 peserta didik pada uji coba terbatas. Jenis penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall modifikasi Sugiyono. Model ini terdiri dari 6 tahap: (1) Analisis Masalah, (2) Pengumpulan informasi/data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) Revisi Desain, dan (6) Uji Coba Terbatas. Pada penelitian ini hanya terbatas sampai revisi dosen ahli serta guru dan lembar angket respon peserta didik. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan kualitas LKPD yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik sehingga layak digunakan dengan persentase 95,6% dari 2 ahli materi, 100% dari ahli media, dan 92,3% dari ahli bahasa. Sedangkan, untuk respon peserta didik didapatkan hasil dengan persentase 98,4% dengan kategori sangat baik.