Pengembangan LKPD Berbasis Etnosains dalam Penggunaan Abu Gosok pada Materi Laju Reaksi
Main Author: | Anisa Kurniawati, Eka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/9159/1/Pengembangan%20LKPD%20Berbasis%20Etnosains%20dalam%20Penggunaan%20Abu%20Gosok%20pada%20Materi%20Laju%20Reaksi.pdf https://eprints.untirta.ac.id/9159/ http://fkip.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Laju reaksi merupakan salah satu materi pelajaran kimia yang sering dianggap sulit oleh peserta didik karena banyaknya perhitungan dan pembelajaran yang kurang menarik disebabkan karena metode ceramah yang menyebabkan peserta didik merasa jenuh selama pembelajaran dan bahan ajar yang digunakan berupa LKPD yang bersifat menoton berisikan materi singkat dan soal-soal. Pembelajaran kimia yang kurang menarik dapat diganti menjadi pembelajaran kimia yang dapat memberikan makna bagi peserta didik, salah satunya pembelajaran yang menghubungkan fenomena kebudayaan masyarakat sekitar disebut etnosains. Fenomena etnosains yang dapat dipelajari yaitu topik penggunaan abu gosok. Proses pembelajaran etnosains ini dapat berjalan baik dengan adanya LKPD. LKPD berbasis etnosains dalam penggunaan abu gosok pada materi laju reaksi telah diujicobakan di SMAN 4 Kota Serang. Pengembangan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Pengumpulan data dilakukan melalui lembar angket analisis kebutuhan, lembar angket respon peserta didik dan lembar validasi kelayakan LKPD. LKPD ini telah divalidasi oleh tujuh validator dengan kriteria baik dengan persentase yang diperoleh 91% dikategorikan sangat baik dan hasil angket respon peserta didik sebesar 87,6% dikategorikan sangat baik. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah LKPD berbasis etnosains dalam penggunaan abu gosok pada materi laju reaksi telah memenuhi kriteria valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.