PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA SISWA SMP

Main Author: MAIDALENA, IKA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/9157/1/PENGEMBANGAN%20LEMBAR%20KERJA%20SISWA%20KEMAMPUAN%20PEMAHAMAN%20KONSEP%20MATEMATIS%20DENGAN%20PENDEKATAN%20REALISTIC%20MATHEMATICS%20EDUCATION%20PADA%20SISWA%20SMP.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/9157/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengembangkan lembar kerja siswa kemampuan pemahaman konsep matematis dengan pendekatan Realistic Mathematics Education, menganalisa respon siswa terhadap lembar kerja siswa yang dikembangkan, dan mendeskrispsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan Lembar Kerja Siswa yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode pengembangan yaitu: tujuh tahapan utama. Enam orang uji ahli dari ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi telah melaksanakan pengujian terhadap bahan ajar LKS cetak dan e-book yang dikembangkan. Produk penelitian ini berupa LKS dan LKS pedoman guru kemampuan pemahaman konsep matematis dengan pendekatan Realistic Mathematics Education pada materi bangun ruang sisi datar. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kualitas LKS dilihat dari aspek kevalidan termasuk dalam kriteria cukup valid dengan persentase nilai 85%; (2) kualitas LKS dilihat dari aspek kepraktisan termasuk kriteria sangat praktis dengan persentase nilai 95% berdasarkan hasil evaluasi guru matematika dan termasuk dalam kriteria sangat praktis dengan persentase nilai 90% berdasarkan hasil evaluasi siswa terhadap LKS; (3) kualitas bahan ajar dilihat dari aspek respon siswa termasuk dalam kriteria baik dengan persentase 90%; dan (4) kualitas LKS dilihat dari aspek keefektifan menunjukkan bahwa LKS efektif digunakan untuk mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Keefektifan tersebut berdasarkan hasil posttest pemahaman konsep matematis yang menunjukkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 82%.