PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP
Main Author: | PRASTIKA, MIMIN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/9155/1/PENGEMBANGAN%20LEMBAR%20KERJA%20SISWA%20DENGAN%20PROBLEM%20BASED%20LEARNING%20TERHADAP%20KEMAMPUAN%20BERPIKIR%20KRITIS%20MATEMATIS%20SISWA%20SMP.pdf https://eprints.untirta.ac.id/9155/ http://fkip.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Selain itu, masih kurangnya bahan ajar yang memuat indikator-indikator kemampuan berpikir kritis matematis sebagaimana yang ditegaskan pada KTSP hingga kurikulum 2013, yang memprioritaskan kemampuan berpikir kritis harus dicapai oleh siswa dalam pembelajaran matematika serta kurangnya pemantapan konsep pada bahan ajar yang ada. Oleh sebab itu diperlukannya suatu bahan ajar yang memuat indikator-indikator kemampuan berpikir kritis matematis. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode pengembangan yang diadaptasi dari Sugiyono (2015). 7 tahapan utama dilakukan dalam penelitian ini. Empat orang uji ahli dari dua orang uji ahli matematika, uji ahli pendidikan, dan uji ahli media telah melaksanakan pengujian terhadap bahan ajar LKS yang dikembangkan. Berdasarkan uji ahli pendidikan, bahan ajar LKS tersebut dinilai sangat valid dengan persentase 90%. Untuk uji ahli pendidikan, persentase yang didapat sebesar 85,8% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan untuk uji ahli media mendapatkan persentase sebesar 85,3% dengan kriteria sangat valid. Bahan ajar LKS tersebut juga diujicobakan kepada 10-20 orang siswa SMP kelas VIII. Hasil respon siswa berdasarkan angket terbuka dan tertutup terhadap bahan ajar LKS dengan materi sistem persamaan linear dua variabel tersebut yaitu sebesar 87,71% dengan kriteria sangat valid dan menarik. Berdasarkan hasil tersebut, LKS dengan Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis sudah layak digunakan sebagai salah satu referensi dalam pembelajaran yang telah sesuai dengan Kurikulum 2013 serta mampu mengasah kemampuan berpikir kritis matematis siswa.