PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) EKSPLORATIF BERBASIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DENGAN ALAT PERAGA MANIPULATIF UNTUK SISWA SMP (Research and Development)

Main Author: SUHLIAH, SUHLIAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/9153/1/PENGEMBANGAN%20LEMBAR%20KERJA%20SISWA%20%28LKS%29%20EKSPLORATIF%20BERBASIS%20KEMAMPUAN%20PEMECAHAN%20MASALAH%20MATEMATIK%20DENGAN%20ALAT%20PERAGA%20MANIPULATIF%20UNTUK%20SISWA%20SMP.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/9153/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS eksploratif berbasis kemampuan pemecahan masalah matematik dengan alat peraga manipulatif dengan materi koordinat kartesius. LKS yang dikembangkan sebanyak 3 buah, yang terdiri dari posisi titik terhadap sumbu x dan sumbu y, posisi titik terhadap titik asal dan titik tertentu, posisi titik terhadap sumbu x dan sumbu y, dengan 1 buah alat peraga manipulatif. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan model Research and Development (R&D) dari Sugiyono. LKS dan alat peraga divalidasi oleh para ahli yang terdiri dari ahli pendidikan matematika dan ahli media pembelajaran. Selanjutnya LKS dan alat peraga diujicobakan pada siswa dengan uji coba skala terbatas. Subjek uji coba adalah siswa kelas VIII C SMPN 5 Rangkasbitung tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 12 orang. Hasil validasi ahli pendidikan matematika terhadap LKS dan alat peraga berturut-turut diperoleh presentase akhir sebesar 96,2% dan 91,4% dengan klasifikasi sangat kuat; validasi ahli media pembelajaran terhadap LKS dan alat peraga berturut-turut diperoleh 86,9% dan 89,2% dengan klasifikasi sangat baik; uji coba produk skala terbatas diperoleh presentase akhir 78,8% dengan klasifikasi baik; dan secara keseluruhan siswa memberikan tanggapan yang baik setelah menggunakan LKS dan alat peraga, dengan demikian LKS eksploratif berbasis kemampuan pemecahan masalah matematik dengan alat peraga manipulatif dapat digunakan sebagai alternatif pilihan dalam kegiatan pembelajaran