PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR (Penelitian Research and Develepment di SD Negeri Taman Ciruas Permai)

Main Author: Rahayu Hidayah, Anisa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/9080/1/PENGEMBANGAN%20LEMBAR%20KERJA%20PESERTA%20DIDIK%20BERBASIS%20CONTEXTUAL%20TEACHING%20AND%20LEARNING%20PADA%20MATA%20PELAJARAN%20IPA%20KELAS%20V%20SEKOLAH%20DASAR.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/9080/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis contextual teaching and learning dan untuk mengetahui kelayakan lembar kerja peserta didik berbasis contextual teaching and learning pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada 6 dari 10 tahapan pengembangan yang dilakukan oleh Borg dan Gall. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini ialah berupa lembar kerja peserta didik berbasis contextual teaching anda learning yang memuat materi tentang pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda pada mata pelajaran IPA Sekolah Dasar Kelas V. Lembar kerja peserta didik berbasis contextual teaching and learning ini merupakan lembar kerja yang menerapkan prinsip-prinsip contextual teaching and learning didalamnya, sehingga peserta didik dapat terlibat secara langsung untuk mendapatkan konsep dalam pembelajarannya. Untuk menguji kelayakan lembar kerja peserta didik berbasis contextual teaching and learning ini, dilakukan uji coba validasi ahli. Validasi ahli dilakukan oleh ahli materi, ahli desain, dan ahli pendidikan dengan subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas V B SDN Taman Ciruas Permai dengan jumlah siswa 25 peserta didik. Dari data yang diperoleh, Lembar kerja peserta didik berbasis contextual teaching and learning ini mendapatkan rata-rata skor validasi ahli sebesar 90%, sehingga masuk ke dalam kategori “Sangat Layak”, dan mendapat rata-rata skor sebesar 89% dari respon siswa dan masuk ke dalam kategori “Baik Sekali”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar ini layak dan dapat dipergunakan.