PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP PENGGUNAAN AIR KELAPA MUDA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT

Main Author: Jati Pertiwi, Woro
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/9079/1/PENGEMBANGAN%20LEMBAR%20KERJA%20PESERTA%20DIDIK%20%28LKPD%29%20BERBASIS%20ETNOSAINS%20TERHADAP%20PENGGUNAAN%20AIR%20KELAPA%20MUDA%20PADA%20MATERI%20LARUTAN%20ELEKTROLIT%20DAN%20NONELEKTROLIT.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/9079/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran kimia sebagian besar menekankan untuk mempelajari konsep dan rumus. Aplikasi kehidupan sehari-hari kurang diterapkan sehingga pembelajaran menjadi kurang bermakna. Pembelajaran berbasis etnosains dapat diterapkan dengan bantuan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Hal ini karena peserta didik dapat menghubungkan antara pengetahuan yang sudah ada, seperti budaya atau pengetahuan asli masyarakat dengan pengetahuan sains ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis etnosains terhadap salah satu pengetahuan asli masyarakat, yaitu penggunaan air kelapa muda yang berhubungan dengan materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen uji validitas untuk analisis kebutuhan dengan hasil 88,89% - 100%, uji validitas menggunakan CVR dengan 11 validator yang terdiri dari dosen dan guru kimia, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan layak dan valid digunakan dengan nilai CVR 0,82 - 1 yang menunjukkan bahwa nilai CVR >0,59 dan mendapatkan tanggapan positif dengan nilai rata-rata angket respon peserta didik sebesar 79,5% dengan kategori baik. Peserta didik juga memiliki sikap bangga, tanggung jawab dan kesadaran untuk melestarikan budaya air kelapa muda.