PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI MEDIA MEMBACA CANTOL ROUDHOH USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Kualitatif Di Kelompok B TKIT Gugus Bintang 165 Tangerang-Banten)

Main Author: MENYE PUSPITASARI, BERU
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/9075/1/PENGEMBANGAN%20KEMAMPUAN%20MEMBACA%20PERMULAAN%20ANAK%20MELALUI%20MEDIA%20MEMBACA%20CANTOL%20ROUDHOH%20USIA%205-6%20TAHUN.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/9075/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di TKIT Gugus Bintang 165 Tangerang, 2) proses pembelajaran menggunakan kartu gambar cantol roudhoh untuk mengembangkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di TKIT Gugus Bintang 165 Tangerang, 3) proses evaluasi kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun melalu media katu gambar cantol raudhoh di TKIT Gugus Bintang 165 Tangerang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2016. Dengan lokasi penelitian di TKIT Gugus Bintang 165 Tangerang Banten. Subjek Penelitian ini adalah anak usia5-6 tahun yang berjumlah 15 anak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data,penyajian data dan kesimpulan. Validasi data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan penelitian, triangulasi, pengecekan keanggotaan. Berdasarkan analisis data menyatakan bahwa perkembangan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di TKIT Gugus Bintang 165 Tangerang Banten berkembang dengan baik. Hal ini dapat diamati pada proses pembelajaran di sekolah, perkembangan kemampuan membaca anak diantaranya: ada anak yang mampu membaca namanya sendiridengan lengkap dan benar, anak-anak mampu membedakan huruf vocal dan konsonan, anak-anak mampu menghubungkan gambar dengan tulisan, dan anak-anak mampu mengelompokan gambar yang mempunyai bunyi huruf awalan yang sama.