PENGEMBANGAN BUKU CERDAS BERGAMBAR BERBASIS KARAKTER PADA SUB TEMA KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR Penelitian R&D pada Kelas IV SDN Merak 1

Main Author: Septiani, Nunu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/9068/1/PENGEMBANGAN%20BUKU%20CERDAS%20BERGAMBAR%20BERBASIS%20KARAKTER%20PADA%20SUB%20TEMA%20KERAGAMAN%20SUKU%20BANGSA%20DAN%20AGAMA%20DI%20NEGERIKU%20DI%20KELAS%20IV%20SEKOLAH%20DASAR.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/9068/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan, kelayakan, serta respon siswa terhadap bahan ajar berupa buku cerdas bergambar berbasis karakter (religius dan toleransi) pada sub tema 1 “keragaman suku bangsa dan agama di negeriku”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D), dengan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yang dikembangkan oleh Sugiyono. Model ini terdiri dari 6 tahap; (1) potensi dan masalah (2) mengumpulkan informasi (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk terbatas. Validasi ahli dilakukan oleh ahli desain, ahli materi dan ahli bahasa, dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri Merak 1 yang berjumlah 15 siswa. Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengambilan data diperoleh dengan observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah (1) didapatkan skor rata-rata dari validasi ahli dengan presentase sebesar 83,15% yang termasuk dalam kategori “sangat layak” (2) skor rata-rata respon siswa dengan presentase sebesar 89,63% yang termasuk dalam kategori “sangat baik”. Jadi dapat disimpulkan bahwa Buku Cerdas Bergambar berbasis karakter ini layak dan dapat dipergunakan.