Kualitas Pelayanan Kesehatan di UPTD Puskesmas Baja Kecamatan Cibodas Kota Tangerang

Main Authors: Sarah Neri, Suriani, Yusuf, Maulana, Fuad, Anis
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/90/1/SKRIPSI_SARAH_NERI_S..pdf
http://eprints.untirta.ac.id/90/
Daftar Isi:
  • Sarah Neri Suriani. NIM. 072741. Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Baja Kecamatan Cibodas Kota Tangerang Kata Kunci: Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Masyarakat Dalam penelitian ini membahas mengenai pelayanan publik yang komponennya adalah pelayanan kesehatan di Puskesmas Baja Kecamatan Cibodas Kota Tangerang. Dimana dalam kenyataannya masih terdapat hambatan-hambatan yang dialami oleh Puskesmas Baja Kecamatan Cibodas Kota Tangerang dalam memberikan pelayanan sehingga mengakibatkan pelayanan kurang berkualitas, misalnya kurang tanggap, minimnya kualitas dan kuantitas SDM yang memberikan pelayanan, lamban, fasilitas yang disediakan masih belum maksimal, dan kurangnya transparansi pelayanan. Untuk itu, saya selaku peneliti tertarik untuk meneliti mengenai Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Baja Kecamatan Cibodas Kota Tangerang. Tujuan penelitian ini adalah mengukur Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Baja Kecamatan Cibodas Kota Tangerang yang ditinjau dari dimensi Reability, Responsiveness, Assurance, Emphaty dan Tangibles. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah dengan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitaif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Kuesioner disebarkan kepada 271 responden yang merupakan para pengguna jasa Puskesmas Baja Kecamatan Cibodas Kota Tangerang. Teknik analisis data yang digunakan adalah Item-by-item Analysis, Dimension-by dimension Analysis dan Two-Dimesional Diferencing Plane. Hasil penelitian Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Baja Kecamatan Cibodas Kota Tangerang terdapat kesenjangan Persepsi dan Ekspektasi responden atas pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh petugas Puskesmas Baja Kecamatan Cibodas Kota Tangerang. Skor SERVQUAL untuk masing-masing dimensi diantaranya Reability (-3,1), Responsiveness (-3,025), Assurance (-2,925), Emphaty (-2,88) dan Tangibles (-2,9). Oleh karenanya, Kesehatan di Puskesmas Baja Kecamatan Cibodas Kota Tangerang tidak memuaskan bagi responden. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Baja Kecamatan Cibodas Kota Tangerang dikategorikan masih belum baik. Adapun saran-saran untuk dapat meningktkan kualitas pelayanan adalah dengan menambah fasilitas pelayanan agar lebih nyaman. kualitas Sumber Daya Manusia perlu ditingkatkan lagi dengan pelatihan di bidang medis, serta meningkatkan daya tanggap pelayanan dan transparansi pelayanan.