PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PJBL (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN

Main Author: SOFIA ROHMAH, FAILA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/8981/1/PENGARUH%20PENGGUNAAN%20MODEL%20PJBL%20%28PROJECT%20BASED%20LEARNING%29%20TERHADAP%20KEMAMPUAN%20BERPIKIR%20KREATIF%20SISWA%20KELAS%20VIII%20PADA%20MATERI%20SISTEM%20PERNAPASAN.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/8981/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model PjBL (Project Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Pernapasan Studi Kasus SMP Negeri 14 Kota Serang. Metode Penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Non equivalent Pre Test – Post Test Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 14 Kota Serang dengan sampel kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian pretest dan posttest untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa. Selain itu, instrumen yang digunakan lembar observasi penilaian produk kreatif untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembuatan produk dan angket untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran PjBL (Project Based Learning). Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 53,6 termasuk dalam kategori tingkat berpikir kreatif cukup dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 69,5 termasuk dalam kategori tingkat berpikir kreatif tinggi. Hasil analisis hipotesis menggunakan uji t (t-test) dengan nilai sebesar 0,000 < α = 0,05. Hasil penggunaan model PjBL (Project Based Learning) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII pada materi sistem pernapasan manusia.