PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP PENINGKATAN LITERASI SAINS PADA KONSEP TEKANAN ZAT
Main Author: | ISTIQOMAH, IRANIA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/8977/1/PENGARUH%20PENGGUNAAN%20MEDIA%20PEMBELAJARAN%20BERBENTUK%20SPARKOL%20VIDEOSCRIBE%20TERHADAP%20PENINGKATAN%20LITERASI%20SAINS%20PADA%20KONSEP%20TEKANAN%20ZAT.PDF https://eprints.untirta.ac.id/8977/ http://fkip.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbentuk sparkol videoscribe terhadap peningkatan literasi sains siswa. Penelitian dilaksanakan di salah satu Sekolah Menengah Pertama di kota Cilegon tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre- Eksperimental Designs (nondesigns). Bentuk desain yang digunakan adalah One- Group Pretest-Postest Design. Sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas yaitu salah satu kelas VIII dengan jumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes literasi sains dan lembar angket. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan literasi sains siswa pada pre test mendapatkan skor rata-rata 54,67 dan pada post test mendapatkan skor rata-rata 83,17. Nilai N-gain (Peningkatan nilai setelah pembelajaran) kemampuan literasi sains siswa menunjukan hasil yang signifikan yaitu 0,74 yang termasuk dalam katagori tinggi, dengan hasil uji-t paired diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbentuk Sparkol Videoscribe berpengaruh terhadap peningkatan literasi sains.