PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLANNEL BOOK IMAGINATION TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VIII DI SKH MADINA KOTA SERANG

Main Author: MARLIA, AINUN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/8975/1/PENGARUH%20PENGGUNAAN%20MEDIA%20FLANNEL%20BOOK%20IMAGINATION%20TERHADAP%20KEMAMPUAN%20MEMBACA%20PEMAHAMAN%20ANAK%20TUNAGRAHITA%20RINGAN%20KELAS%20VIII%20DI%20SKH%20MADINA%20KOTA%20SERANG.PDF
https://eprints.untirta.ac.id/8975/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media flannel book imagination terhadap kemampuan membaca pemahaman pada anak tunagrahita di SKh Madina Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one-group pre-test post-test. Data penelitian diperoleh dari hasl tes soal berupa pilihan ganda yang dilakukan pada kondisi awal sebelum diberi perlakuan/treatment, saat diberi perlakukan/treatment, dan setelah diberi perlakuan/treatment. Pengolahan data penelitian menggunakan perhitungan statistik nonparametris melalui uji wilcoxon. Tempat penelitian di SKh Madina Kota Serang dengan jumlah sampel sebanyak tiga orang siswa tunagrahita. Penelitian menunjukan media flannel book imagination dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa tunagrahita. Selisih antara keduanya dapat membuktikan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada siswa tunagrahita di SKh Madina kota Serang. Hal tersebut dibuktikan dengan melihat skor pre-test dilihat dari skor yang menunjukkan skor terendah yang di dapat siswa adalah 3 (20%) dan skor tertinggi yang didapat siswa adalah 9 (60%) dari total 15 butir soal dan skor post-test yang terendah yang didapat siswa adalah 9 (60%) dan skor tertinggi yang didapat siswa adalah 12 (80%). Dari total 15 b utir soal maka dapat disimpulkan media flannel book imagination dapat meningkatkan membaca pemahaman siswa tunagrahita.