PENGARUH PENGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VIII PADA KONSEP HUKUM ARCHI MEDES

Main Author: ISMAWATI, ISMAWATI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/8974/1/PENGARUH%20PENGGUNAAN%20LABORATORIUM%20VIRTUAL%20TERHADAP%20KETERAMPILAN%20PROSES%20SAINS%20SISWA%20KELAS%20VIII%20PADA%20KONSEP%20HUKUM%20ARCHIMEDES.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/8974/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap keterampilan proses sains siswa Kelas VIII pada konsep Hukum Archimedes. Penelitian ini dilaksanakan di SMP IT Al-Izzah tahun ajaran 2017/2018 pada bulan April 2018. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group. Pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik cluster sampling. Subjek penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu Kelas VIII Akhwat 1 sebagai kelas eksperimen, dan Kelas VIII Akhwat 2 sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian berjumlah 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan meliputi soal tes (pretes, postes), lembar observasi keterampilan proses sains dengan menggunakan rating scale, serta angket respon siswa terhadap penggunaan laboratorium virtual. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata keterampilan proses sains siswa pada kelas eskperimen sebesar 72,76 dengan kategori kuat dan nilai rata-rata observasi keterampilan proses sains yaitu 86,90 dengan kategori sangat kuat. Hasil uji Independent Simple T Test pada taraf signifikasi α=0,05 menunjukkan nilai signifikasi 0,012 < 0,05, maka H0 ditolak, berdasarkan hasil tesebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VIII pada konsep Hukum Archimedes.