PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM KONSEP LARUTAN PENYANGGA

Main Author: Rahayu, Deniar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/8968/1/PENGARUH%20PENERAPAN%20PEMBELAJARAN%20PROBLEM%20BASED%20LEARNING%20PADA%20MOTIVASI%20DAN%20HASIL%20BELAJAR%20SISWA%20DALAM%20KONSEP%20LARUTAN%20PENYANGGA.PDF
https://eprints.untirta.ac.id/8968/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Basic Learning (PBL) pada motivasi belajar dan hasil belajar siswa dalam konsep Larutan Penyangga di SMAN 1 Warungkondang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Warungkondang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan teknik tes (Pretest, Posttest dan angket). Teknik pengolahan data menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan analisis data menggunakan Uji T Paired Sample. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada motivasi belajar siswa dibuktikan dengan hasil uji t paired sample menunjukan Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Pada hasil belajar siswa terdapat pengaruh model pembelajaran PBL pada hasil belajar siswa dibuktikan dengan hasil uji t paired sample menunjukan Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Nilai Effect Size pada motivasi belajar sebesar 0,5 dan pada hasil belajar sebesar 0,73, hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model PBL memilki pengaruh dalam kategori sedang terhadap motivasi dan hasil belajar.