PENGARUH PENERAPAN BUKU SAKU KEANEKARAGAMAN MOLLUSKA (Gastropoda dan Bivalvia) DI PESISIR PULAU TUNDA PADA SUBKONSEP INVERTEBRATA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI MA AL KHAIRIYAH RANCARANJI

Main Author: URFI HADI, MUHAMAD
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/8964/1/PENGARUH%20PENERAPAN%20BUKU%20SAKU%20KEANEKARAGAMAN%20MOLLUSKA%20%28Gastropoda%20dan%20Bivalvia%29%20DI%20PESISIR%20PULAU%20TUNDA%20PADA%20SUBKONSEP%20INVERTEBRATA%20TERHADAP%20HASIL%20BELAJAR%20SISW.PDF
https://eprints.untirta.ac.id/8964/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Buku Saku Keanekaragaman Molluska (Gastropoda dan Bivalvia) pada subkonsep Invertebrata terhadap hasil belajar siswa kelas X. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperiment yang menggunakan desain penelitian Randomized kontrol group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MA Alkhairiyah Rancaranji. Sampel penelitian ini merupakan kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 1 sebagai kelas kontrol yang dipilih berdasarkan kesesuaian materi yang berada pada kelas X MIA. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa pilihan ganda, dan nontes berupa angket dan lembar observasi. Teknik analisis hipotesis data menggunakan uji hipotesis seperti uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Manova. Nilai rata-rata kemampuan kognitif siswa kelas eksperimen 83,00 sedangkan nilai rata-rata kemampuan kognitif siswa kelas kontrol 74,99. Nilai rata-rata kemampuan psikomotorik siswa kelas eksperimen 85,62 sedangkan nilai rata-rata kemampuan psikomotorik kelas kontrol 72,69. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Manova didapat hasil p<0,05 dengan taraf signifikansi 0,001. Berdasarkan hasil uji tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengeruh penerapan Buku Saku Keanekaragaman Molluska (Gastropoda dan Bivalvia) pada subkonsep invertebrata terhadap hasil belajar siswa kelas X di MA Alkhairiyah Rancaranji