PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM TIRTAYASA KOTA SERANG
Main Author: | MAYLAN SUNTARI, INDRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/8961/1/PENGARUH%20PEMBELAJARAN%20DENGAN%20MENGGUNAKAN%20MEDIA%20FILM%20TERHADAP%20KEMAMPUAN%20MENULIS%20KARANGAN%20DESKRIPSI%20PADA%20SISWA%20KELAS%20VII%20SMP%20ISLAM%20TIRTAYASA%20KOTA%20SERANG.PDF https://eprints.untirta.ac.id/8961/ http://fkip.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Menulis atau mengarang merupakan suatu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam pembelajaran berbahasa. Salah satu kompetensi dasar kemampuan menulis yang harus dikuasai siswa SMP kelas VII adalah menulis karangan deskripsi. Masalah yang ditemukan di lapangan adalah menulis masih dianggap sebagai kegiatan yang sulit, sehingga motivasi siswa untuk belajar menjadi berkurang. Masalah ini juga dilengkapi dengan guru yang kurang bervariasi dalam memilih metode belajar dan keterbatasan pendidik dalam menggunakan media belajar yang cocok untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik siswa untuk memulai menulis. Tujuan dari penelitian ini untuk menjawab pertanyaan “Bagaimana hasil kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media film pada siswa kelas VII SMP Islam Tirtayasa?”, “Bagaimana hasil kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media audio pada siswa kelas VII SMP Islam Tirtayasa?”, “Bagaimana perbedaan hasil pembelajaran menulis karangan deskripsi menggunakan media film dan media audio dalam kemampuan menulis karangan deskripsi pada pada siswa kelas VII SMP Islam Tirtayasa?”. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII SMP Islam Tirtayasa, dengan sampel yang diambil berupa satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol yang berjumlah masing-masing 20 murid. Dengan menggunakan menggunakan metode penelitian quasi eksperimen, dalam penelitian ini menggunakan dua kelompok yang diberi perlakuan berbeda. Berdasarkan hasil penelitian, Hasil uji pretest pada kelas eksperimen (VII A) dan posttest yang menggunakan metode dengan media film yaitu film pendek yang berjudul “Andai Seragam Bisa Berbicara” dalam menulis karangan deskripsi, memiliki selisih nilai rata-rata sebesar 16,45. Dan hasil uji pretest pada kelas kontrol (VII B) dan posttest yang menggunakan metode dengan media audio yaitu puisi yang berjudul “Dalam Doaku” dalam menulis karangan deskripsi, memiliki selisih nilai rata-rata 12,55. Selain dilihat dari nilai rata-rata hasil pretest dan posttest, hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis nilai signifikan untuk kelas eksperimen (VII A) adalah sebesar thitung 12,271 > 1,7298 ttabel. Sedangkan hasil uji hipotesis untuk kelas kontrol (VII B) adalah sebesar thitung 11,420 > 1,7298 ttabel. Setelah dibandingkan kelas eksperimen dan kelas kontrol pada penelitian ini, ternyata kelas eksperimen yang menggunakan metode dengan media film memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi dari pada menggunakan metode dengan media audio.